Sunday 25 March 2012

4 Tips Penting! - Persiapan Membuat Undangan Pernikahan

Melakukan persiapan dalam membuat undangan pernikahan merupakan hal yang sangat vital, meskipun begitu kegiatan ini sangat sederhana jika dilakukan dengan benar, berikut tips dari tim vidiyan :

1. Kumpulkan informasi selengkapnya

Setiap undangan pernikahan mutlak harus memiliki informasi sebagai berikut : 
  • Nama kedua mempelai (lengkap dan panggilan)
  • Nama kedua orangtua kedua mempelai
  • Waktu dan tempat dilaksanakannya akad/ pemberkatan dan resepsi/ pesta
  • Peta lokasi
Inti dalam undangan pernikahan sih hanya itu, namun sebagai bangsa berbudaya penting juga bagi kita untuk mengimbuhkan kalimat-kalimat yang santun sebagai pembuka undangan dan diakhiri permohonan doa agar setiap langkah pengantin baru selalu dijaga dan diberkahi... Dan yang tidak kalah penting sebisa mungkin semua informasi disampaikan secara efektif dan jelas, tidak perlu bertele-tele yang mungkin justru bikin bingung pembaca, so Keep It Simple, Say.

2. Miliki ide / konsep desain undangan yang diinginkan


Ide atau konsep undangan adalah hal yang harus datang dari calon pengantin, jangan sampai bentuk undangan yang jadi nanti jauh dari keinginan pengantin karena idenya diintervensi orang lain, alangkah baiknya jika ide ini dikomunikasikan bersama pasangan dan kedua pasang orang tua masing-masing.
Ide tersebut mencakup :
  • Desain nuansa keseluruhan
  • Pemilihan nuansa warna, ornamen, foto atau gambar lainnya
  • Pemilihan huruf
  • Tata letak dan keterbacaan
Biasanya pengantin cukup mengutarakan dua poin pertama, selanjutnya biarkan desainer undangan yang menterjemahkan keinginan calon pengantin.

3. Bahan dan Cetakan


Jika mempunyai keinginan tertentu terhadap pilihan bahan sebaiknya diutarakan diawal kepada desainer/ percetakan, sedetail mungkin. Jangan lupa untuk memberi tahu jumlah undangan yang ingin dicetak.

Mengenai jumlah cetakan sebaiknya dibuat lebih, sehingga calon pengantin hanya perlu sekali memesan kartu undangan. Jika mencetak dalam jumlah pas atau kurang dan menyebabkan calon pengantin memesan undangan lagi dalam jumlah sedikit, ini akan mengakibatkan membengkaknya harga undangan beberapa kali lipat. Jadi sebaiknya calon pengantin benar-benar mendata seluruh tamu yang akan diundang, misalnya, jika dalam daftar terdapat 600 tamu, maka sebaiknya mencetak 700, lebih baik berlebih daripada kurang. Sehingga jika ada daftar yang lupa ditulis masih ada undangan yang bisa digunakan.

4. Waktu


Biasanya mencetak undangan pernikahan membutuhkan waktu 1 - 6 minggu, jika yang dipesan undangan hardcover maka waktu yang dihabiskan bisa semakin lama, karena proses finishing-nya menggunakan cara manual, hand made... Belum lagi jika musim kawin, maka waktu yang dihabiskan bisa lebih lama lagi karena antrian yang menumpuk. Oleh karena itu lakukan persiapan membuat undangan antara 2 - 3 bulan sebelum undangan akan dikirimkan.

Sebagai alternatif, jika waktu yang tersisa tinggal sedikit, calon pengantin juga bisa membuat undangan pernikahan online yang waktu pembuatannya relatif lebih cepat (di vidiyan kami membuat undangan online berkisar antara 3 - 5 hari tergantung tingkat kesulitan dan antrian).

Yup, jika keempat tips tadi diperhatikan dan dilaksanakan, niscaya undangan akan jadi tepat waktu dan calon pengantin bisa memfokuskan aktifitas persiapan lainnya untuk menghadapi hari - H!

Selamat menikah!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...