Tuesday 15 February 2011

Persiapan Menuju Pernikahan



Sering kali kita merasa bimbang dan takut atau malah nekat untuk menghadapi sebuah ibadah yang bernama pernikahan. Kehidupan setelah pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah, perlu banyak persiapan agar yang namanya bahtera rumah tangga tersbut tidak bocor dan hancur walaupun banyak batu karang dan badai yang menghadang.

Berhubung penulisnya belum menikah, maka saya akan coba mengambil referensi tulisan Anis Matta yang berjudul “Sebelum Mengambil Keputusan Besar Itu” dengan menggunakan bahasa saya sendiri :) Dalam menghadapi suatu pernikahan diperlukan 4 persiapan, yaitu :


1. Persiapan Pemikiran

Dalam persiapan pemikiran, kita harus mengetahui secara jelas identitas ideologinya. kita harus mengetahui mau dibawa kemana keluarganya. Apa yang ingin dicapai dalam keluarganya.

2. Persiapan Psikologis

Kesiapan psikologis  berarti kematangan pribadi. Dalam berumah tangga, kita akan dihadapkan dengan tekanan-tekanan psikologis yang berat. Ketika tidak adanya kematangan pribadi dalam hal ini psikologis kita, maka kita akan hancur oleh beban-beban kehidupan yang datang pada saat berumah tangga.

3. Persiapan Fisik

Saya rasa kita semua sudah tahu bahwa dalam pernikahan, fisik merupakan salah satu pertimbangan. Kita tidak mungkin menikahi anak yang masih belum cukup umur (seperti umur 9 atau 12 tahun atau juga umur anak-anak). Dalam Undang-Undang pernikahan di Indonesia pun umur menikah untuk wanita dibatasi minimal 16 tahun dan untuk laki-laki minimal 18 tahun.

4. Persiapan Finansial

Pernikahan tidak hanya dibangun dengan cinta. Aspek ekonomi juga sangatlah penting. Dalam aspek finansial tersebut bukanlah seorang kita itu awalnya harus mempunyai semua yang berbau pribadi, seperti mobil pribadi, rumah pribadi, dll. Tapi maksud dari aspek finansial ini adalah bagaimana kita siap untuk menafkahi keluarga secara rasional, artinya perlu ada usaha-usaha agar kita bisa menafkahi keluarga bukan hanya jadi pengangguran yang malas.

Tambahan dari saya, satu hal yang perlu disiapkan utuk pernikahan adalah undangan. oleh karena itu, buka aja www.vidiyan.com dan pesan undangan online. Dijamin murah, efektif dan efisien serta bisa jadi bisnis menarik hanya dengan 0 (nol) rupiah. ^_^

Hendra Hermawan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...